Tech

Tes Baru Untuk Kanker Payudara Membuat Keputusan Perawatan Individual Sebuah Kenyataan

Tes Baru Untuk Kanker Payudara Membuat Keputusan Perawatan Individual Sebuah Kenyataan

 

Dipuji secara luas sebagai perbatasan berikutnya dalam kemajuan medis, janji pengobatan secara individual menjadi kenyataan berkat kemajuan dalam memahami dasar molekuler penyakit seperti kanker payudara. Para ilmuwan sekarang dapat mengembangkan perawatan yang disesuaikan dengan profil genetik individu, serta tes untuk memprediksi bagaimana pasien akan menanggapi terapi yang ada.

Saat ini, beberapa wanita dengan kanker payudara stadium awal dan dokter mereka dapat membuat keputusan pengobatan yang lebih tepat dengan Oncotype DX Breast Cancer Assay. Layanan ini memberikan informasi kuantitatif tentang gen dari tumor individu wanita untuk menghasilkan Skor Perulangan antara nol dan 100, yang menunjukkan apakah ia berisiko tinggi, sedang atau rendah untuk kankernya kembali setelah perawatan.

Oncotype DX ditujukan untuk pasien dengan kanker payudara nodus-negatif, reseptor-estrogen positif yang cenderung diobati dengan terapi hormon. Sekitar setengah dari 230.000 pasien yang didiagnosis menderita kanker payudara di Amerika Serikat setiap tahun termasuk dalam kategori ini, dan sering ditawarkan pengobatan dengan kemoterapi, pengobatan yang banyak digunakan dengan efek samping yang cukup besar. Studi klinis menunjukkan bahwa kemoterapi meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pasien hanya dalam 4 dari 100 pasien, namun ribuan wanita terus memilih perawatan yang mahal dan beracun ini dengan hanya sedikit informasi tentang apakah mereka mungkin menanggapinya.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita dengan Skor Perulangan yang tinggi lebih mungkin mendapatkan manfaat dari kemoterapi, sedangkan wanita dengan skor yang lebih rendah hanya memperoleh manfaat minimal. Lebih lanjut, hanya 25% wanita yang masuk dalam kelompok berisiko tinggi, dibandingkan dengan 50% pada kelompok berisiko rendah, menunjukkan bahwa perawatan umum ini tidak sesuai untuk setiap pasien.

Elizabeth Sloan dari New York City adalah salah satu dari banyak pasien kanker payudara yang tidak mungkin menanggapi kemoterapi. Seorang ibu yang aktif dengan dua anak laki-laki, Elizabeth mempertimbangkan untuk memiliki anak lagi ketika dia didiagnosis baru berusia 40 tahun. Dia ingin menghindari kemoterapi, dengan efek samping jangka pendek yang mengganggu dan berpotensi implikasi jangka panjang yang serius, tetapi juga ingin benar-benar yakin bahwa itu tidak akan membantunya.

Bekerja dengan dokternya, Ruth Oratz, M.D., di NYU Medical Center, Elizabeth memutuskan untuk melakukan uji Oncotype DX, dan merasa senang ketika Skor Perulangannya ternyata rendah yang menunjukkan bahwa dia mungkin tidak mendapat manfaat yang signifikan dari kemoterapi.

“Tidak ada dua wanita dengan kanker payudara yang persis sama. Oncotype DX memberikan informasi yang melampaui ukuran standar, seperti usia, ukuran tumor dan tingkat tumor, dalam menentukan kemungkinan kekambuhan penyakit,” kata Dr. Oratz. “Oncotype DX memberi Elizabeth dan saya menambahkan keyakinan dan ketenangan pikiran dalam memilih perawatan yang paling pas untuknya.”

Bagi Susan Bakken dari Denver, Colorado, Oncotype DX memberikan ketenangan pikiran yang berbeda. Skor Perulangan Susan menunjukkan bahwa ia berisiko tinggi kambuh kanker, dan kemungkinan akan mendapat manfaat signifikan dari kemoterapi – baik untuk kejutannya maupun dokternya.

“Berdasarkan tes lain yang saya lakukan, dokter saya mengatakan dia tidak akan merekomendasikan kemoterapi. Saya terkejut mengetahui hasil saya, tetapi saya sangat senang saya lakukan karena saya percaya tes ini pada dasarnya menyelamatkan hidup saya,” jelas Susan .

Elizabeth Sloan juga berterima kasih atas informasi yang diperolehnya dari Oncotype DX. “Tidak semua kanker sama, jadi mengapa memperlakukan semua orang dengan cara yang sama dengan sesuatu yang sangat beracun?” dia berkata. “Sungguh luar biasa sehingga akhirnya, dokter dapat membedakan kanker satu orang dari yang lain – saya sangat berterima kasih.”

Oncotype DX adalah tes sederhana yang hanya dapat dipesan oleh dokter. Ini dilakukan pada sejumlah kecil jaringan tumor payudara yang diangkat selama lumpektomi standar, mastektomi atau biopsi, yang berarti tidak diperlukan prosedur tambahan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close